TEXT MARQUEE

SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA :D

Sabtu, 26 Januari 2013

Asal-Usul Cupcake

Berkembang di Amerika, pada abad ke-19, cupcake mungkin memiliki ukuran mini, tapi tidak harus selalu begitu. Dijuluki demikian karena bahan-bahan yang dipergunakan biasanya ditakar dalam ukuran cup (mangkok), bukan ditimbang.
Tradisi ini selanjutnya berkembang menjadi kebiasaan. Awal mulanya, cupcake sering pula disebut kue “angka”, karena takaran pengukurannya sangat mudah diingat. Misalnya, satu mangkok mentega ditambah dua mangkok gula pasir ditambah tiga mangkok tepung ditambah semangkok susu dan satu sendok soda kue.
Berkembang kemudian orang-orang mulai membuat cetakan cupcake dalam wadah kaleng yang disebut Muffin tins, yang mulai populer sekitar abad ke-20. Dewasa ini, cupcake sudah menjadi sangat bervariasi, mulai dari komposisi bahan baku, ukuran, bentuk dan dekorasi.

Variasi Cupcake

Cupcake Icing3D (Ebony Cakes)
Cupcake Icing3D (Ebony Cakes)
Keunikan Cupcake adalah bentuknya yang mungil dan cantik, dan rasanya yang enak. Ketika membeli kue ini, sayang rasanya untuk memberi gigitan pertama karena bentuknya yang begitu menggemaskan.
Cupcake banyak dijadikan pilihan untuk hantaran natal, idul fitri, tahun baru, perayaan kelahiran bayi, goodie bag, bayi satu bulan, ulang tahun, bahkan untuk pesta pernikahan.
Cupcake tersedia dengan bermacam-macam tampilan dan rasa. Baik bentuk dan tampilan cupcake pun bisa disesuaikan dengan momen yang ada: hiasan badut untuk ulang tahun, ketupat dan masjid untuk lebaran, atau bunga romantis untuk sang pujaan hati.
Cupcake Hello Kitty (Ebony Cakes)
Cupcake Hello Kitty (Ebony Cakes)
 Sumber:http://www.erabaru.net/featured-news/48-hot-update/13457-berkenalan-dengan-si-cantik-cupcake
Selain bisa didandani cantik sesuai tema yang dikehendaki, cupcake juga dipandang praktis karena tidak perlu dipotong-potong sebelum dibagikan. Selain itu dengan sentuhan kreativitas, cupcake tampil cantik dapat dihias dengan butter cream, fondant, gula gula aneka warna bahkan dengan foto.
Cupcake juga bisa menggantikan birthday cake ataupun wedding cake dengan disusun diatas tier yang bertingkat.
Sejak diciptakannya, cupcake telah menjadi tren budaya di dunia kuliner. Mereka telah melahirkan banyak toko yang menjual cupcake. Salah satunya adalah Ebony Cakes, sebuah toko cupcake yang mempunyai banyak pelanggan di Jakarta.
Menurut ibu Ester Cia, pemilik Ebony Cakes, beliau memulai bisnis ini dari keberhasilan pertamanya membuat cupcakes untuk merayakan ulang tahun suami tercinta.
Ternyata, cupcakesnya mendapat pujian dari rekan-rekan kantor dan sanak saudara, dan mulai berdatangan pesanan untuk ulang tahun, 1 bulan anak, sampai akhirnya Ebony Cakes menerima pesanan wedding cupcakes yang jumlahnya ratusan dan memerlukan penanganan khusus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar