TEXT MARQUEE

SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA :D

Senin, 28 Januari 2013

Eksistensi Tari Topeng Malangan




MALANGISME - Malang memiliki kebudayaan khusus yang ada sejak lama diperkirakan muncul pada awal abad 20 dan berkembang luas semasa perang kemerdekaan, yaitu Tari Topeng Malang. Tari Topeng adalah perlambang sifat manusia, biasanya tarian ini pada umumnya mengisahkan cerita rakyat atau sebuah cerita panji-panji pada jaman dahulu kala.


Kemenarikan tarian ini tumbuh dari kemolekan gerakan, keluwesan penari dalam pembawaannya serta satu hal lagi yang tak akan lepas, yaitu penggunaan costum. penggunaan costum samgat berpengaruh besar dalam penampilanya. Karena suatu tarian akan terlihat indah dan menarik apabila costum yang digunakan  berhubungan dengan inti pada gerakan tarian. Selain itu, para penari Tari Topeng Malang akan menggunakan Topeng khas Malang sebagai pelengkap serta pemanis dalam pertunjukannya.

July yang seorang penari di Dewan Kesenian kota Malang menceritakan, Tari topeng ini telah muncul sejak awal abad ke-20. Dan pada awal kemunculannya, tarian ini banyak diminati oleh kalangan remaja dan masyarakat. Dapat kita lihat di setiap acara tahunan pemkot Malang, yaitu Festival Malang Kembali membuktikan bahwa Tari Topeng Malang ini tetap eksis dan disukai masyarakat dan slalu menjadi icon dari kota Malang.

Tari Topeng Malangan sangat khas, karena merupakan hasil perpaduan antara budaya Jawa Tengahan, dan Jawa Timuran. Gerakan yang dinamis dan music etnik Jawa membuat Taraian ini semakin unik dan menarik untuk dinikmati.

Perlu adanya peran pemerintah kepada masyarakat agar mau mempelajari kebudayaan ini, dan tetap eksis keberadaanya.  siapa lagi yang bisa melestarikan kebudayaan ini dan menurunkannya pada generasi-generasi berikutnya, selain kita sendiri
Sumber: http://malangisme.blogspot.com/2012/11/eksistensi-tari-topeng-malangan.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar