TEXT MARQUEE

SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA :D

Sabtu, 26 Januari 2013

Sejarah Kue Crepe

Le  Jour des Crêpes, atau La Chandeleur, di Prancis biasa diperingati setiap tanggal 2 Februari. Kata crêpe berasal dari bahasa Latin ‘crispa’, yang berarti lingkaran yang digulung. Kue crêpe sangat terkenal di seluruh Prancis, dan konon asalnya dari daerah Bretagne di barat laut Prancis. Di Bretagne sendiri, crêpe biasanya dihidangkan dengan sirup cidre-sejenis sari buah apel. Ketenaran crêpe menyebar hingga ke Jerman dengan nama Pfannkuchen, Italia dengan istilah crespella, dan Belanda dengan sebutan pannenkoeken( tahu kue penekuk,’kan?). Selain itu crêpe juga dikenal luas di Spanyol dengan nama filloas, di Polandia, bahkan Macedonia.  
Ada dua jenis crêpe, yaitu crêpe manis-disebut crêpe sucrée- dibuat dari tepung terigu dan dibubuhkan bahan-bahan yang manis sebagai topping atau isinya, seperti gula, selai kacang atu coklat, es krim, sirup apel, taburan potongan buah(pisang, ceri,blueberry,strawberi), dan campuran bahan-bahan manis lainnya.
Kedua, crêpe asin- disebut crêpe salée- dibuat dari tepung soda dan dicampur dengan keju, ham, bayam telur, jamur kuping, atau potongan daging lainnya. Crêpe manis biasanya disajikan sebagai makanan pencuci mulut, sedangkan crêpe asin bisa untuk hidangan pertama. 
Sumber:http://shintascake.blogspot.com/2012/04/sejarah-kue-crepe.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar