TEXT MARQUEE

SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA :D

Senin, 28 Januari 2013

Malang Kota Pendidikan

 

Beberapa Universitas di Malang

Universitas Muhammadiyah Malang
Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang berdiri pada tahun 1964. merupakan salah satu amal usaha Muhammadiyah. Pada waktu itu UMM baru membuka 3 fakultas, yaitu: Hukum, Ekonomi dan FKIP (jurusan Pendidikan Agama Islam). Selanjutnya, pada periode tahun 1968-1975, UMM membuka lagi 2 fakultas, yaitu: FISIP dan Fak. Agama Islam. Pada periode tahun 1975-1977, UMM kembali membuka 2 fakultas baru, yaitu: Pertanian dan Teknik. Jumlah fakultas masih tetap sama hingga tahun 1983. Baru pada periode tahun 1983-2000, beberapa fakultas baru dikbuka, yaitu: Psikologi, Peternakan, Program D3 Keperawatan dan Kedokteran. Tahun 2007 ini, UMM kembali membuka fakultas baru, yaitu: PS Farmasi yang merupakan bagian dari fakultas ilmu-ilmu kesehatan. Pada tahun 2009, pimpinan UMM melakukan penggabungan Fakultas Pertanian dan Fakultas Peternakan-Perikanan menjadi Fakultas Pertanian dan Peternakan agar sesuai dengan konsorsium Ilmu-ilmu Pertanian. Sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di Jawa Timur, UMM kini mengelola lebih dari 18,000 mahasiswa aktif yang berasal dari hampir seluruh wilayah Indonesia dan bahkan dari luar negeri, seperti: Australia, Singapura, Malaysia, dan Timor Leste.
Walaupun UMM merupakan perguruan tinggi Islam, latar belakang agama mahasiswa bukan merupakan suatu kendala. Oleh karena itu, mahaiswa UMM tidak hanya beragama Islam, namun ada yang Hindu, Budha, Kristen , dan Katolik. Untuk mendukung kegiatan perkuliahan, UMM selalu meningkatkan fasilitas, baik pengembangan gedung perkuliahan, laboratorium, sarana komputer dan fasilitas akses intranet dan internet dengan menggunakan fiber optic dan beberapa area hotspot. Selain itu juga dikembangkan perpustakaan digital yang dilengkapi dengan jurnal online, materi audio-visual, dan sumber informasi ilmiah lain yang tergabung dalan Indonesian Digital Library Network (IDLN). Guna menunjang finansial, UMM mengembangkan beberaopa unit usaha sebagai profit center yang diharapkan dapat menyokong keuangan UMM tanpa membebani mahasiswa dengan dengan biaya kuliah yang tinggi. Beberapa unit bisnis yang sudah berjalan antara lain: UMM Press, Book Store, UMM Dome, Hotel University Inn, dan Bengkel sepeda motor. Dalam jangka dekat akan segera dibangun Rumah Sakit Pendidikan (Teaching Hospital), Pom Bensin, Rumah Susun Sederhana Sewa Mahasiswa, Mall, dan lain-lain.



Politeknik Negeri Malang
Politeknik Negeri Malang adalah salah satu bentuk perguruan tinggi yang mengemban tugas dan fungsi khusus yaitu menyelenggarakan pendidikan vokasional dalam sejumlah bidang pengetahuan dan teknologi terapan dengan mengutamakan peningkatan kemampuan penerapannya. Menurut sejarah pendiriannya Politeknik Negeri Malang yang sebelumnya bernama Politeknik Universitas Brawijaya merupakan satu dari 6 (enam) Politeknik Perintis yang didirikan oleh Pemerintah Indonesia pada tahun 1982 dengan bantuan Bank Dunia.




Universitas Brawijaya
Visi :  Menjadi universitas unggul yang berstandar internasional dan mampu berperan aktif dalam pembangunan bangsa melalui proses pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
Misi 1. Membangkitkan kekuatan moral dan kesadaran tentang keberadaan penciptaan alam oleh Tuhan YME dan sadar bahwa setiap kehidupan mempunyai hak untuk dihargai. 2. Menyelenggarakan proses pendidikan agar peserta didik menjadi manusia yang berkemampuan akademik dan/atau professional yang bermutu serta berkepribadian/berjiwa entrepeneur. 3. Melakukan pengembangan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan, teknologi, humaniora dan seni, serta mengupayakan penggunaanya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.
Tujuan 1. Menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mampu membelajarkan diri, memiliki wawasan yang luas memiliki disiplin dan etos kerja, sehingga menjadi tenaga akademis dan professional yang tangguh dan mampu bersaing di tingkat internasional. 2. Mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni guna mendorong pengembangan budaya. 3. Mempunyai kemampuan dalam pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan konsep pemecahan masalah dengan menggunakan metode ilmiah.




Universitas Kanjuruhan
Visi: Menjadi Perguruan Tinggi yang berkebudayaan nasional, berdaya saing tinggi, menguasai IPTEK dan berwawasan global.
Misi: 1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas, untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas, profesional, berkepribadian nasional, dan berwawasan global. 2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian untuk mengkaji dan mengembangkan IPTEKS. 3. Mengembangkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk menyejahterakan kehidupan umat. 4. dMenjalin kerjasama dengan berbabagai pihak untuk meningkatkatkan kualitas kinerja Universitas Kanjuruhan Malang. 5. Memberdayakan alumni untuk meningkatkan peran dan citra Universitas Kanjuruhan Malang 6. Mengembangkan dan menciptakan iklim organisasi yang sehat dan harmonis.
Tujuan 1. Untuk mewujudkan visi dan misi yang telah diungkapkan di atas, perlu ditetapkan tujuan-tujuan yang berdasakan pada relevansi, atmosfir akademik, manajemen internal, keberlanjutan dan efisiensi. Rumusan tujuan Universitas Kanjuruhan Malang adalah sebagai berikut: 2. Bidang Pendidikan, Pembelajaran dan Kemahasiswaan: meningkatkan kualitas input, proses pembelajaran dan pembinaan ekstrakurikuler kemahasiswaan untuk menghasilkan lulusan dalam bidang IPTEKS dan kependidikan yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, beradab, berwawasan kebangsaan, demokratis, mandiri, berintegritas tinggi, cerdas, kritis, kreatif, produktif serta mampu meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat dan berkebudayaan nasional. 3. Bidang Penelitian: menghasilkan dan mengembangkan IPTEKS yang berwawasan lingkungan, berdasarkan etika moral untuk mewujudkan masyarakat madani. 4. Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat: Mangajak masyarakat untuk terlibat dalam memanfaatkan IPTEKS dan hasil-hasilnya guna kepentingan kesejahteraan kehidupan umat. 5. Bidang Manajemen, Kelembagaan dan Kerja sama: menyelenggarakan sistem kelembagaan yang demokratis, efektif dan efisien, serta menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dilandasi komitmen yang positif. 6. Bidang sarana, prasarana dan keuangan: meningkatkan kualitas dan ketercukupan sarana dan prasarana yang menunjang pembelajaran, kualitas manajemen serta meningkatkan kinerja sistem manajemen keuangan agar lebih efisien, efektif dan akuntabel. 7. Bidang informasi dan kerjasama: meningkatkan kuantitas dan kualitas jalinan kerjasama dengan berbagai pihak yang dilandasi komitmen yang positif guna meningkatkan kinerja penyelenggaraan Universitas Kanjuruhan Malang.




Universitas Ma Chung
Universitas Ma Chung merupakan perguruan tinggi pertama di Indonesia yang memanfaatkan teknologi dari Microsoft secara menyeluruh (total solution). Mulai dari Windows Vista, Microsoft Office 2007, Windows Server 2003, SQL Server 2005, Exchange Server 2007, SharePoint Server 2007, Microsoft Learning Gateway hingga Microsoft Dynamics GP–yang sebelumnya dikenal sebagai Microsoft Business Solutions Great Plains. Kolaborasi itu merupakan wujud nyata komitmen pembina dan pengurus yayasan untuk mencapai visi dan misi Universitas Ma Chung dalam menyiapkan pemimpin masa depan, baik dari sisi akademis maupun keprofesionalan dalam bekerja. Kerja sama itu bermanfaat bagi mahasiswa Universitas Ma Chung untuk menikmati fasilitas pembelajaran bertaraf internasional dari sisi hardware, software, materi kurikulum, serta tetap up-to-date dengan perkembangan teknologi terkini.




Universitas Merdeka
Sebagai lembaga Pendidikan Tinggi, Universitas Merdeka Malang telah menerapkan Visi dan Misinya sebagai berikut: Visi UNMER Malang adalah: Menjadi pusat pengembangan IPTEK dan pengembangan sumberdaya manusia yang berkualitas, profesional, kompetitif, mandiri dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Berdasarkan Visi di atas, maka Misi UNMER Malang ditetapkan sebagai berikut: 1. Menyelenggarakan program pendidikan tinggi yang berkualitas pada jenis program pendidikan akademik, vokasi dan profesi untuk menghasilkan lulusan yang kompeten pada bidang keahliannya, memiliki soft skillyang baik, mandiri serta memiliki integritas pribadi, moral dan etika profesi yang tinggi. 2. Menerapkan, memanfaatkan dan mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi dalam mengoperasional program pengembangan akademik dan/atau non akademik. 3. Meningkatkan, mengembangkan mutu kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta menyebarluaskan hasil-hasilnya kepada pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) untuk mendorong peningkatan image lembaga dan terciptanya suasana akademik yang kondusif bagi terselenggaranya pendidikan berkualitas. 4. Membina dan mengembangkan kerjasama-kemitraan dengan institusi lain di dalam maupun di luar negeri dengan prinsip kesetaraan. 5. Menciptakan tata kelola kelembagaan yang menganut prinsip-prinsip tata kelola perguruan tinggi yang baik.





Universitas Negeri Malang
UM berasal dari Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) yang diresmikan oleh Menteri Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan, Prof. Mr. Muhammad Yamin pada tanggal 18 Oktober 1954 berdasarkan SK No. 38742/Kab tanggal 1 September 1954. Bersamaan itu pula ditugaskan Prof. Sutan Adam Bachtiar sebagai Rektor PTPG Malang yang pertama.




Universitas WIdyagama
Visi Menjadi universitas yang maju di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, untuk menghasilkan lulusan yang bermoral, berkebangsaan, dan mandiri serta berperan aktif dalam memajukan peradaban, ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta mampu memecahkan berbagai masalah masyarakat. Misi : * Menyelenggarakan proses pendidikan untuk menghantarkan peserta didik menjadi manusia yang berkualitas, bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, memiliki rasa kebangsaan, berjiwa enterpreneur, berkemampuan akademik dan/atau profesional sehingga mampu berperan secara bermakna di segala aspek kehidupan masyarakat * Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kesejahteraan masyarakat berlandaskan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa sesuai dengan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia; * Meningkatkan peranan universitas agar mampu menjadi pilihan rujukan masyarakat ilmiah yang kritis, kreatif, inovatif dan cepat tanggap terhadap perubahan yang terjadi di masyarakat melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi; Tujuan : Mempersiapkan sumber daya manusia berpendidikan tinggi yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, cerdas, kreatif dan terampil, serta mampu mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan / atau kesenian.
 

sumber:http://phuphut.student.umm.ac.id/category/kota-malang-jawa-timur/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar