TEXT MARQUEE

SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA :D

Minggu, 27 Januari 2013

Bahaya Tato dan Tindik Pada Kulit


Di era bebas berekspresi ini, seni serta keunikan tato dan tindik semakin digemari. Tak sedikit orang menyukainya bahkan ingin memilikinya pada tubuh mereka. Menjadi pusat perhatian dan memberikan identitas diri melalui tato dan tindik adalah tujuannya. Namun taukah Anda jika melakukan dua hal tersebut dapat berbahaya bagi kulit Anda?

Memasang tato dan tindik dapat memberikan efek pada tubuh Anda, salah satunya adalah infeksi. Infeksi terjadi jika terdapat luka pada lokasi tato ataupun tindik. Infeksi pada kulit akibat dua aktifitas ini biasanya terjadi pada permukaan kulit tempat lokasi tato atau tindik dilakukan. Infeksi yang terjadi biasanya berupa munculnya cairan jernih ataupun kuning terang hingga berwarna kuning gelap, coklat ataupun merah serta mengeluarkan bentuk dan bau seperti nanah.
Berikut adalah gejala bahwa kulit Anda sedang terkena infeksi tersebut :
  • Peningkatan nyeri, pembengkakan, kemerahan dan panas pada lokasi tato atau tindik
  • Terdapat gari-garis merah memanjang dari lokasi tato dan tindik
  • Keluarnya nanah dari pusat luka pada lokasi tato atau tindik
  • Pembengkakan kelenjar getah bening
  • Demam
Infeksi juga dapat terjadi jauh di dalam luka dan berakibat pada nyeri dan pembengkakan yang semakin meluas. Kulit pada tato dan tindik dapat sembuh, sedangkan infeksi timbul dalam luka dan berkembang menjadi infeksi yang lebih serius seperti abses atau selulit. Infeksi juga dapat menyebar mempengaruhi tulang (osteomyelitis), sendi (artritis septik), ataupun seluruh tubuh (sepsis). 
Orang dengan beberapa penyakit tertentu seperti diabetes, penyakit peripheral arterial, atau gangguan pada sistem kekebalan tubuh dapat memicu bertambah parahnya infeksi. Mereka yang memiliki penyakit tersebut memerlukan perawatan medis pada gejala awal infeksi. Anda dapat mengurangi resiko infeksi dengan melakukan langkah-langkah perawatan yang dapat dilakukan secara pribadi di rumah.
Sumber: http://meetdoctor.com/article/bahaya-tato-dan-tindik-pada-kulit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar